Wanita Dunia Penghuni Surga Lebih Cantik dari Bidadari Surga

Kita mungkin mendengar ungkapan untuk memotivasi para wanita “ agar bidadari cemburu padamu.” Maksud ungkapan tersebut adalah wanita dunia yang masuk Surga akan lebih cantik dan lebih baik keadaannya dibandingkan bidadari Surga.

Sebuah pertanyaan diajukan kepada Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah, “ Apakah sifat-sifat (kecantikan) bidadari dalam Al-Qur’an juga mencakup sifat para wanita dunia (yang masuk surga), wahai syaikh ?”

Beliau menjawab, “ Pendapat terkuat menurutku bahwa wanita dunia lebih baik daripada bidadari, termasuk sifat dan karakteristik lahiriahnya (penampilan dan kecantikan), wallohu’alam. “ ( Fatwa Nur’ Alad Dard )

Dikesempatan lain, beliau menjelaskan bahwa para suami mereka (wanita dunia) lebih tertarik pada wanita dunia ( istri mereka didunia ) dibandingkan bidadari. Beliau berkata, “ Wanita Shalihah didunia, yaitu para istri, lebih baik daripada bidadari di akhirat, lebih cantik dan lebih menarik bagi suaminya. “

Ahli Tafsir Al-Qurthubi rahimahullah, menjelaskan bahwa wanita dunia lebih baik dan lebih cantik dari bidadari karena amal baik mereka didunia, berbeda dengan bidadari yang langsung Allah Subhanahu Wa Ta’ala ciptakan didalam Surga. Wanita dunia juga akan menjadi ratu dan tuan putri. Beliau rahimahullah berkata, “ Keadaan wanita beriman di Surga lebih utama dari bidadari dan lebih tinggi derajat dan kecantikannya. Wanita shalihah dari penduduk dunia masuk surga sebagai balasan atas amal shaleh mereka. Hal ini adalah kemuliaan dari Allah untuk mereka karena bagusnya agama dan kebaikan mereka. Adapun bidadari adalah bagian dari kenikmatan Surga. Mereka diciptakan didalam Surga sebagai kenikmatan bagi makhluk selainnya, sebagai balasan bagi orang beriman atas amal salihnya. “

Jenis yang pertama, ( yaitu wanita duia ) adalah sebagai ratu, tuan putri, dan yang memerintah. Adapun jenis kedua ( bidadari surga ) dengan keagungan kedudukan dan kecantikannya – sebagaimana yang diketahui oleh manusia – maka kedudukan bidadari di bawah ratu. Dia menjadi pelayan bagi tuannya yang beriman yang Allah ciptakan sebagai balasan bagi orang beriman. “ ( Tafsir Al-Qurthubi, 16 : 154 )

Berbahagialah wahai para wanita dunia, dengan beramal shalih dan berdo’a kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar dimasukkan Surga Allah yang tertinggi. Kenikmatan Surga tidak dapat dibayangkan sedikit pun, kecantikan para wanita surga kelak tidak bisa dibayangkan sedikit pun.

Rasulullah Shallallahu’Alaihi Wa Sallam menukil firman Allah dalam hadits qudsi ; “ Allah telah berfirman, ‘ Aku telah menyiapkan bagi hamba-hambaku yang shalih ( disurga ) kenikmatan-kenikmatan yang tidak pernah terlihat oleh mata, tidak pernah terdengar oleh telinga, dan tidak pernah terbetik dalam benak manusia. “ ( HR. Bukhari dan Muslim )

 

Simak selengkapnya disini. Klik https://muslim.or.id/59613-wanita-dunia-penghuni-surga-lebih-cantik-dari-bidadari-surga.html