Trik Menghemat Uang Kala Pandemi

Pandemi virus Corona yang terjadi mulai dari awal tahun 2020 ini telah membuat lesu sejumlah sektor salah satunya ekonomi. Walau ekonomi terasa lesu, tetap saja pengeluaran harus jalan terus. Mungkin tanpa Anda sadari ada saja kebutuhan yang membuat kita sulit menghemat pengeluaran. Misalnya, kebutuhan kuota internet karena harus belajar di rumah, hingga kebutuhan rumah lainnya.

Menghadapi situasi keuangan yang tidak menentu saat pandemi ini, Anda harus bisa lebih hemat dalam belanja dan mengelola keuangan yang ada. Jika semua hal harus terpenuhi namun pemasukan minim maka nanti bisa menimbulkan permasalahan finansial yang baru. Nah, maka dari itu Anda perlu mengetahui trik menghemat uang kala pandemi yang telah dirangkum di bawah ini.

  1. Temukan cara untuk meningkatkan penghasilan

Pandemi memang membuat sebagaian orang merasa terbatasi untuk bekerja. Hal ini berdampak dengan pemasukan yang didapat. Solusinya adalah Anda harus bisa mencari ide untuk bisa meningkatkan penghasilan. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Seperti dengan berjualan online sebagai reseller atau jika memiliki ilmu yang mumpuni bisa juga mengajar kursus online. Semua bisa dilakukan hanya dengan internet. Asalkan Anda pintar mencari peluang yang ada.

  1. Hitung pengeluaran

Penghasilan yang masuk tidak seperti biasanya? Jangan merasa cemas. Ada baiknya Anda melakukan perhitungan berdasarkan jumlah pengeluaran Anda saat ini ditambah dengan tabungan atau dana darurat yang dipunya. Pastikan setiap minggunya merinci semua pengeluaran lalu total. Bandingkan pengeluaran Anda per minggu dengan uang tabungan yang Anda punya.

  1. Temukan cara untuk memangkas pengeluaran

Jika Anda telah memiliki daftar rincian pengeluaran, baca lagi mana yang kira-kira perlu dipangkas. Jika dirasa keperluan tersebut bukan hal yang utama dan mendesak di saat pandemi seperti ini maka ada baiknya dihilangkan saja. Anda bisa mengidentifikasi pengeluaran mana yang perlu dipotong dan mana yang tidak. Tentukan prioritas, belanjalah sesuai dengan kebutuan yang mendesak seperti membeli stok bahan makanan, air, kebutuhan kesehatan hingga fasilitas penunjang school from home (SFH) dan work from home (WFH) yaitu internet / Wifi.

  1. Hindari Belanja Dengan Kartu Kredit

Belum ada yang bisa menentukan secara pasti kapan pandemi di Indonesia akan berarti. Sebaiknya Anda juga harus bisa mempertimbangkan hal apapun dalam jangka panjang. Di tengah ekonomi yang lesu ini sangat penting untuk tidak menambah biaya. Maka dari itu disarankan untuk tidak belanja dengan utang seperti kartu kredit. Biasanya, kartu kredit memiliki bunga yang cukup besar.

Namun, bila Anda terpaksa harus menggunakan kartu kredit maka gunakanlah cicilan 0% atau bayar tagihan langsung di bulan berikutnya. Cara ini bertujuan agar tidak adanya bunga yang bisa membuat Anda harus membayar tagihan lebih besar dari jumlah yang dipakai.