Trik Hijab Anti Bau dan Apek Setelah Naik Motor

Kini motor menjadi salah satu kendaraan utama bagi mereka yang banyak beraktivitas di luar rumah. Motor dianggap cukup irit dan praktis serta lebih mudah untuk menghindari macet ketika sedang buru-buru. Bagi yang tidak mengenakan hijab mungkin tidak akan terlalu bermasalah ketika mengenakan helm dan pergi jarak jauh. Tetapi bagi Anda yang berhijab pasti pernah merasakan bau dan terasa apek setelah naik motor.

Penyebabnya bisa saja karena penggunaan helm terlalu lama atau polusi udara di luar yang membuat hijab terasa bau. Hal ini tentunya membuat Anda tidak percaya diri. Lalu bagaimana caranya untuk membuat hijab yang Anda kenakan tidak bau dan apek setelah naik motor? Jangan khawatir, di bawah ini ada tips dan trik yang bisa Anda coba!

  1. Pilih Bahan Hijab yang Menyerap Keringat

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa bahan yang mudah menimbulkan bau ketika dikenakan, diantaranya adalah jersey dan sifon yang berkualitas rendah. Sebaiknya hindari jenis bahan hijab tersebut.

Pastikan Anda memilih hijab dengan bahan yang menyerap keringat. Terdapat banyak pilihan diantaranya katun, polyester atau voal. Bahan katun mampu menyerap keringat dan membuat kepala tetap terasa sejuk meski terpapar sinar matahari. Anda juga bisa menyemprotkan parfum sedikit ke hijab bahan katun agar wanginya bisa tahan lama. Anda tidak akan lagi takut bau dan apek ketika naik motor.

  1. Pilih Warna Hijab Terang

Hindari memilih hijab dengan warna gelap untuk dikenakan di siang hari. kain berwarna gelap cenderung lebih mudah menyerap panas. Akibatnya kulit kepala mudah berkeringat dan menimbulkan bau matahari serta apek.

Ketika sedang naik motor, kepala tidak memiliki celah untuk bisa melepaskan uap air dari keringat yang keluar. Tidak hanya bau, tetapi rambut Anda juga bisa berketombe. Maka dari itu disarankan untuk menggunakan warna terang agar tidak mudah berkeringat ketika mengenakan helm.

  1. Gunakan Ciput

Sebelum mengenakan hijab, jangan lupa untuk menggunakan ciput ya! Alasannya adalah ciput mampu menghalangi keringat dari rambut langsung ke hijab. Pastikan ciput yang dipakai terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat. Jika keringat tidak terserap maka akan langsung menempel di hijab yang Anda kenakan. Akibatnya hijab menjadi mudah bau dan apek.

  1. Pastikan Kondisi Rambut Kering Ketika Hendak Menggunakan Ciput dan Hijab

Bagi Anda yang terbiasa sehabis keramas langsung mengenakan hijab sebaiknya segera dihentikan ya! Menggunakan hijab dalam kondisi rambut basah justru akan menimbulkan bau dan apek. Pasalnya rambut yang masih basah lalu langsung tertutup jilbab, akan membuat air terserap di kain jilbab. Apalagi bila Anda langsung memakai helm yang justru membuat hijab menjadi lembab.

Tunggu sampai rambut benar-benar kering baru bisa menggunakan hijab. Jika dirasa sedang buru-buru, sebaiknya tunda keramas. Anda bisa keramas setelah pulang dari luar rumah.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar jilbab anti bau dan apek setelah naik motor. Jagalah kebersihan badan agar penampilan selalu terlihat segar.