Pengertian Ikhlas Menurut Islam

Kata ikhlas berasal dari bahasa Arab yang berbunyi akhlasa yang memiliki arti bersih, lurus dan suci.

Allah SWT telah memerintahkan kepada manusia untuk selalu berbuat ikhlas dalam melaksanakan berbagai amal perbuatannya. Allah SWT juga telah menyampaikan perintah tersebut dalam ayat Al-Qur'an berikut ini : 

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

Artinya :
Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah SWT dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama dan juga agar melaksanakan salat dan menunaikan zakat dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar). (QS Al Bayyinah ayat 5)
Surat Al Bayyinah ayat 5 tersebut menjelaskan perintah untuk berbuat ikhlas dalam melakukan ajaran dan perintah agama. Diharuskan bagi kita semua untuk melakukan sholat dengan ikhlas, membayar zakat juga dengan ikhlas.
Lakukan semua perintah Allah SWT hanya untuk mengharap ridho-Nya. Dengan melakukan perilaku ikhlas dalam beribadah di kehidupan sehari-hari, maka kita semua telah menjalankan ajaran agama Islam dengan baik dan benar. Nantinya, kita akan menjadi anak soleh yang disayang oleh Allah SWT.

 

Untuk melakukan ikhlas itu sendiri harus dimulai dari niat. Niat yang ikhlas, akan mengantarkan seseorang kepada perbuatan ikhlas. Allah SWT tentu akan menerima ibadah seorang hamba yang dilaksanakan dengan ikhlas.

 

Nabi Muhammad Shallalallahu'alaihi Wa Sallam juga ikut menjelaskan mengenai pentingnya niat dalam tindakan dari hadist berikut ini, yang berarti :

 " Semua perbuatan tergantung dari niat, dan (balasan) bagi setiap orang (tergantung) apa yang diniatkan. " (HR Bukhari) 

Dalam hadits tersebut dijelaskan jika semua perbuatan yang dilakukan akan dinilai dari niatnya. Allah SWT juga akan memberikan balasan untuk umat manusia atas segala bentuk perbuatan yang telah dilakukan.
Allah SWT itu Maha Adil. Allah SWT akan memberikan balasan sesuai dengan apa yang diniatkan. Orang yang melakukan beragam kebaikan dengan ikhlas hanya karena Allah SWT semata dan akan memperoleh keridhoan dari-Nya.