Menjaga Long Distance Married Agar Tetap Harmonis

Hubungan pacaran jarak jauh bisa disebut dengan Long Distance Relationship. Tapi tahukah Anda bahwa juga ada yang namanya Long Distance Married (LDM) yaitu hubungan jarak jauh pada pernikahan. Dalam kasus ini, pasangan suami istri tinggal secara terpisah, bisa beda kota bahkan beda negara. Meski terasa sulit bagi pasangan yang menjalani pernikahan ‘normal’ pada umumnya, pernikahan jarak jauh ini ternyata sudah menjadi tren para pasangan muda belakangan ini. Menjalani LDM bukanlah perkara yang mudah. Namun, bila ada usaha antara Anda pasangan maka pernikahan jarak jauh bukan lagi suatu masalah.

Apakah Anda termasuk salah satu pasangan yang menjalani Long Distance Married? Jika iya, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan bersama pasangan agar pernikahan berjalan dengan baik.

  1. Saling Percaya

Saling percaya menjadi kunci utama dalam hubungan suami istri. Apalagi bila Anda menjalani Long Distance Married. Rasa percaya dari Anda dan pasangan sangat dibutuhkan demi menjaga keharmonisan rumah tangga. Asumsi buruk bisa saja terlintas bila Anda dan pasangan berada di tempat yang berbeda dengan komunikasi yang terbatas. Maka dari itu disarankan untuk selalu membangun kepercayaan satu sama lain agar tidak ada rasa curiga dan cemas serta bangunlah komunikasi dengan baik.

  1. Komitmen dari Kedua Belah Pihak

Selain kepercayaan, dalam menjaga keharmonisan rumah tangga juga diperlukan adanya komitmen. Ketika Anda memutuskan untuk menjalani suatu hubungan, terlebih Long Distance Married maka harus siap menerima segala hal bersama, entah itu baik maupun buruk. Bila ada satu pihak yang keberatan dengan keputusan ini maka berjalannya waktu hubungan akan semakin berat.

Dalam menjaga hubungan suami istri, komitmen dari kedua belah pihak merupakan hal yang paling dibutuhkan. Sebab, ketika menjalani sebuah hubungan, kedua belah pihak harus siap untuk menjalani segalanya bersama, baik dalam keadaan baik dan buruk. Termasuk dalam menjalani pernikahan jarak jauh. Jika salah satu pihak merasa keberatan dengan keputusan ini, hubungan akan terasa semakin berat. Maka dari, sebelum memutuskan menjalanin Long Distance Married, Anda dan pasangan harus saling komitmen dan siap menjalaninya bersama-sama.

  1. Komunikasi

Di jaman yang serba canggih ini, tidak ada lagi yang menjadikan alasan untuk susah komunikasi. Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi chat seperti WhatsApp atau jika ingin melihat wajah pasangan langsung maka lakukan video call dengan Skype. Selalu luangkan waktu berkomunikasi dengan pasangan walau sesibuk apapun.

  1. Simpan memori bersama pasangan

Anda pasti menyimpan foto dengan pasangan kan? Jangan lupa untuk membawanya ketika hendak menjalani Long Distance Married. Menyimpan memori bersama pasangan dapat membuat Anda merasakan kedekatan secara psikologis. Foto tersebut bisa diletakkan di mobil maupun atas meja kerja. Mungkin ada barang lain dari pasangan yang bisa kamu bawa.

Dengan begitu, rasa rindu akan sedikit terobati dan hubungan akan lebih berwarna.

  1. Memberi Kepastian

Jangan lupa untuk memberi kepastian kepada pasangan kapan kalian bisa berkumpul bersama kembali. Menjalani suatu hubungan tanpa kepastian adalah hal yang paling menyiksa. Mengetahui kepastian hubungan akan membantu pasangan menjalin pernikahan jarak jauh dengan lebih baik.