Menjaga kesehatan Mental Saat #Dirumahaja

Hingga saat ini, pandemi virus corona (COVID-19) belum juga usai. Maka dari itu kita terus dihimbau untuk senantiasa melakukan kegiatan #dirumahaja serta membatasi diri terhadap orang lain atau kerap disebut dengan nama lain social distancing. Selain kedua hal itu, menjaga kebersihan tentunya sangat penting untuk dilakukan. Bahkan, kesehatan mental pun tidak boleh diremehkan begitu saja. Sebab jika mental terganggu, maka sistem imun pun akan mudah turun sehingga mudah tertular penyakit.

Untuk itu, kini pemerintah pun juga telah menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar alias PSBB agar orang-orang tidak terkontaminasi oleh virus tersebut dari luar. Tapi di tengah-tengah masa karantina yang tak juga usai ini banyak orang yang merasa stress dan bahkan juga berdampak pada kesehatan mental mereka. Agar hal tersebut tidak terjadi maka ikuti cara untuk tetap menjaga kesehatan mental saat #dirumahaja berikut ini ya!

  1. Tetap berinteraksi dengan orang lain

Melakukan kegiatan selama #dirumahaja bukan berarti Anda tidak dapat terhubung bersama teman maupun keluarga Anda dari jauh. Tetapi Anda dapat melakukan “nongkrong live” atau conference call bersama-sama sembari melakukan kegiatan di rumah Anda. Baik itu makan siang, olahraga, ngopi, maupun berolahraga. Dengan begitu kesehatan mental Anda pun akan terjaga dan kesehatan fisik Anda pun tentunya tidak ikut terganggu.

  1. Memanjakan diri dengan hal yang menyenangkan

Salah satu cara untuk memanjakan diri Anda yang paling baik adalah dengan melakukan hal-hal yang menurut Anda menyenangkan dan membuat nyaman. Baik itu mendengarkan musik, merawat kebersihan tubuh dan jiwa ketika rasa penat mulai datang, membaca buku, dan bahkan Anda dapat mencoba berbagai aktivitas baru lainnya yang mampu menghilangkan rasa cemas yang sering kali menghantui diri Anda.

  1. Membatasi diri dari terpaan berita

Anda dapat melakukan filter terhadap berita yang tidak ingin Anda baca. Baik itu di sosial media maupun di layar kaca Anda. Bahkan, Anda dapat membuat jadwal pribadi ketika ingin menggunakan gadget maupun sosial media di jam-jam tertentu. Sehingga Anda bisa lebih fokus terhadap diri Anda sendiri, keluarga, maupun untuk hobi dan juga pekerjaan.

  1. Senantiasa menjaga kesehatan

Cara menjaga kesehatan mental sendiri saling berkaitan satu sama lain dengan menjaga kesehatan tubuh karena masing-masing saling memengaruhi. Maka dari itu memakan makanan yang bergizi serta melakukan olahraga dapat membuat kondisi jasmani dan rohani Anda menjadi lebih baik.

  1. Saling mendukung sesama

Sudah seharusnya jika kita ikut merangkul orang-orang yang mengalami pengurangan penghasilan atau bahkan telah kehilangan pekerjaannya. Baik dengan cara membeli produk maupun jasa yang mereka tawarkan atau hanya sekadar bersedekah. Sebab, kebijakan physical distancing ini memang mempunyai dampak serius terutama dari lini ekonomi.