Mengenal Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Rumah Tangga

Dalam pernikahan tidak selama rukun dan romantis. Terkadang ada juga waktu dimana Anda dan pasangan dihadapkan permasalahan serius yang berujung pertengkaran. Ketika sedang bertengkar ada rasa amarah yang memuncak dan pikiran menjadi kacau. Pertengkaran bisa menjadi alasan suatu hubungan agar bisa belajar lebih baik lagi dan membawa permasalahan ke titik penyelesaian. Anda dan pasangan bisa mengerti apa yang diinginkan.

Perlu diketahui bahwa ada banyak hal buruk yang dapat merusak rumah tangga dan itu dimulai dari suatu kebiasaan sepele yang dilakukan pasangan atau diri sendiri. Tanpa disadari kebiasaan buruk tersebut perlahan akan mengikis keharmonisan rumah tangga. Jika tidak segera diselesaikan, maka sangat mugnkin akan terucap keputusan bercerai.

Inilah beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak hubungan rumah tangga jika terus dibiarkan. Apa saja itu?

  1. Cemburu Berlebihan

Dalam suatu hubungan cemburu diartikan sebagai tanda cinta kepada pasangan. Tetapi perlu diwaspadai apabila rasa cemburu sudah berlebihan. Itu artinya ada perasaan insecure terhadap diri sendiri. Cemburu bisa dimaknai sebagai sebuah perwujudan rasa trauma, takut dikhianati hingga krisis kepercayaan.

Perasaan cemburu justru akan membuat diri sendiri merasa tidak nyaman dan selalu khawatir. Bila hal ini sering terjadi di dalam pernikahan tentu akan berdampak terhadap keharmonisan rumah tangga. Tidak akan ada rasa nyaman dan percaya kepada pasangan.

  1. Mengungkit Masalah Lama

Ketika sedang bertengkar pasti akan saling mengeluarkan argumen. Namun bukan berarti harus membawa permasalahan lama ke dalam topik pertengkaran. Hal ini justru akan memperparah hubungan dengan pasangan. Alangkah lebih baik bila mencari solusi daripada harus mengungkit permasalahan yang sudah lalu.

  1. Terlalu Banyak Menuntut Pasangan

Terlalu banyak menuntut pasangan juga termasuk dalam kebiasaan buruk yang dapat merusak rumah tangga. Meskipun berstatus suami istri namun bukan berarti harus banyak menuntut dan mengkritik.

Pasangan memiliki hak penuh atas dirinya sendiri, termasuk hak berpendapat dan bertindak. Maka hindari kebiasaan menuntut pasangan karena ini akan membuatnya merasa tertekan dan tidak nyaman.

  1. Main Gadget Masing-Masing

Handphone dan media sosial merupakan alat teknologi yang justru dapat merusak keharmonisan rumah tangga. Terlalu asik bermain gadget sendiri akan membuat pasangan merasa tidak diperhatikan dan kesepian. Jika kebiasaan buruk ini terus dibiarkan maka lama-lama hubungan rumah tangga terasa hambar dan berujung pada perceraian. Lebih baik menghabiskan waktu bersama orang terkasih daripada fokus bermain gadget.

Maka dari itu komunikasi menjadi kunci yang penting untuk tetap menjaga keutuhan rumah tangga. Jika ada permasalahan atau hal yang diinginkan segera ceritakan kepada pasangan dengan tenang dan terbuka. Jangan lupa meluangkan waktu yang tepat untuk berdiskusi agar dapat menentukan keputusan dengan baik. Semoga ulasan di atas bisa menjadi bahan refleksi agar bisa selalu memperbaiki diri dalam berumah tangga.