Mengenal Hijab, Niqab dan Burka. Cek Perbedaannya

Dalam agama Islam terdapat perintah bagi wanita muslim untuk menutup auratnya. Menutup aurat tidak hanya kepala dan rambut saja. Namun juga harus bisa menutupi tubuh mulai dari ujung rambut kepala hingga kaki. Hal ini memiliki maksud untuk menjaga harga diri wanita Muslim dari pandangan lawan jenis dan hal buruk lainnya. 

Namun, masih banyak wanita Muslim yang hanya mengetahui hijab sebagai penutup aurat. Padahal masih ada yang namanya niqab dan burka. Meski memiliki perbedaan bentuk, ternyata masih ada yang sulit membedakan antara hijab, niqab dan burka loh! Bahkan ada yang menganggap bahwa penyebutan ketiganya memiliki makna yang sama.

Nah, supaya tidak salah sebut lagi, sebaiknya simak penjelasan tentang hijab, niqab dan burka di bawah ini!

  1. Pengertian Hijab

Hijab berasal dari kata hajaban yang artinya adalah men menutupi sesuatu yang bisa berupa papan pembatas, tirai maupun kelambu. Hijab biasa dipakai untuk menutup aurat para wanita Muslim yang berbusana modest. Scarf ini dipakai untuk menutupi kepala hingga leher tetapi wajah akan tetap terlihat.

Bagi setiap wanita Muslim wajib hukumnya mengenakan hijab. Aturan ini sudah jelas tertulis dalam Al-Quran bahwa wanita harus menutupi seluruh bentuk dan lekuk tubuhnya dengan memakai hijab.

  1. Pengertian Niqab

Berbeda dengan hijab, niqab cenderung lebih tertutup. Penutup kepala ini akan menutup sebagian wajah namun pada bagian matanya masih tetap terbuka. Umumnya niqab memiliki panjang yang menjuntai hingga bisa menutupi bagian tengah dada wanita Muslim.

Niqa biasa digunakan oleh wanita arab dan kini sudah banyak wanita Muslimdi negara barat yang menggunakannya. Di Indonesia sendiri, niqab memiliki nama lain yaitu cadar. Meski kebanyakan penggunanya adalah wanita Arab namun di Indonesia juga sudah banyak yang mengenakan niqab.

Seorang wanita Muslim boleh menggunakan niqab di luar rumah, namun disarankan untuk membukanya ketika hendak melakukan sholat.

  1. Pengertian Burka

Burka merupakan pakaian wanita muslim di Afghanistan, Pakistan dan India Utara yang hampir menutupi seluruh bagian tubuh. Wanita yang menggunakan burka benar-benar tidak akan nampak bagian wajahnya. Namun tetap bisa melihat melalui lubang kecil yang sejajar dengan mata.

Burka biasa dipakai oleh wanita kaum Taliban ketika hendak berpergian dan akan dilepaskan ketika si wanita telah kembali ke rumah. Meski sekarang pakaian islami ini tidak diwajibkan oleh rezim Afganistan, tetapi melihat kondisi negara yang tidak menentu ini membuat para wanita muslim lebih memilih untuk mengenakan burka demi keamanannya.

 

Jadi burka bisa dikatakan sebagai pakaian adat yang sudah lama dikenakan oleh para wanita muslim di Afghanistan untuk menutupi aurat. Tetapi bila ada yang ingin menggunakan burka maka boleh saja karena tetap dianggap memenuhi kodratnya wanita muslim yaitu menjaga aurat.

Demikianlah penjelasan tentang hijab, niqab, dan burka. Semoga setelah mengetahuinya, Anda tidak lagi keliru lagi dalam membedakannya.