Mengatur Keuangan Dengan Baik Bagi Generasi Sandwich

Mengatur keuangan menjadi tantangan terbesar bagi orang-orang. Permasalahan keuangan mungkin dapat terjadi mulai dari penghasilan yang minim serta banyaknya pengeluaran yang harus dipenuhi. Hal inilah yang kerap terjadi oleh generasi sandwich. Sebutan ini ditujukan oleh seseorang yang harus mengelola keuangan untuk diri sendiri dan juga kebutuhan orang lain. 

Ibarat seperti roti sandwich yang memiliki banyak lapisan isi. Pengelolaan dalam situasi seperti ini bukanlah hal yang mudah. Namun bukan berarti tidak bisa disikapi dengan mengatur keuangan secara baik. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Komunikasi Dengan Pasangan

Apabila orang tua Anda masih membutuhkan bantuan maka hal yang harus dilakukan adalah menceritakan kepada pasangan terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar pasangan merasa nyaman dan juga tidak timbul merasa bersalah karena keuangan yang harus terbagi untuk orang tua. Jika kebutuhan yang diperlukan cukup besar maka Anda dan pasangan harus sepakat untuk mengalokasinya budget sesuai dengan kemampuan finansial.

  1. Persiapkan Dana Darurat

Dana darurat juga sangat penting untuk dipersiapkan sejak awal. Pada kondisi generasi sandwich ini mereka harus membantu keluarga lainnya, sehingga total pengeluarannya tidak hanya untuk pasangan dan anak melainkan juga keluarga lain yang turut dibantu.

Siapkan sedikitnya 12 kali pengeluaran sebagai dana darurat. Hal ini akan dibutuhkan untuk keadaan yang tidak terduga seperti biaya perbaikan alat rumah tangga, biaya berobat maupun biaya pendidikan saudara.

  1. Tentukan Skala Prioritas

Terkadang ada saatnya dihadapkan dalam pilihan yang sulit. Hal ini sering dialami oleh generasi sandwich. Terhimpit dalam 2 kebutuhan besar yang sama-sama penting yaitu kebutuhan keluarga sendiri dan keluarga orang tua.

Jika dirasa tidak sulit untuk menentukan pilihan maka harus kembali berkomunikasi dengan pasangan terutama kepada keluarga besar. Beri penjelasan dengan baik agar mereka mengerti. Setelah itu tentukan prioritas. Tergantung dari masalah yang timbul dan mau dipecahkan. Mana yang kira-kira harus didahulukan? Hanya diri sendiri yang bisa menentukannya.

  1. Buat Alokasi Untuk Orang Tua

Tentukan berapa uang yang dialokasikan untuk kebutuhan orang tua. Hal ini sebaiknya dibicarakan terlebih dahulu bersama orang tua. Cerita secara jujur terkait kondisi finansial agar orang tua dapat memahami tantangan yang harus Anda lalui. Tidak ada salahnya meminta saudara untuk bekerja sama memenuhi kebutuhan orang tua. Tentunya akan meringankan tanggung jawab Anda untuk memenuhi kebutuhan orang tua. 

  1. Mempersiapkan Untuk Generasi Selanjutnya

Mengalami kondisi finansial seperti ini tentunya terasa berat dan menyulitkan. Anda tidak mau membiarkan generasi selanjutnya turut merasakan hal yang sama. Maka dari itu sangat penting untuk menyiapkan rencana keuangan untuk ke depannya dengan cara membuat dana pensiun.

Tips terakhir jangan lupa mempunyai asuransi kesehatan dan jiwa bersama keluarga. Anda akan merasa lebih tenang dan aman bila menghadapi risiko secara keuangan.