Membantu Pasangan Berhenti Merokok

Orang yang kecanduan merokok pastinya akan sulit bila disuruh berhenti. Perlu Anda ketahui bahwa di Indonesia, perokok aktif termasuk yang tertinggi di dunia. Mereka biasanya menyadari bahaya merokok yang ditimbulkan bagi lingkungan sekitar tetapi tidak pernah mau menyadari bahaya untuk diri sendiri.

Perokok bisa saja pria maupun wanita. Tetapi perokok aktif masih didominasi oleh pria. Nah, Anda sebagai istri yang baik sudah sewajarnya untuk membantu pasangan agar bisa berhenti merokok. Hal ini memiliki tujuan yang baik agar suami bisa hidup lebih sehat tanpa rokok.

Bagi Anda yang masih bingung cara membantu pasangan berhenti merokok, mari simak tipsnya di bawah ini.

  1. Bicarakan Baik-Baik

Ketika Anda mencoba mengingatkan pasangan untuk bisa berhenti merokok maka bicaralah secara baik-baik. Jangan seolah-olah Anda sedang menceramahinya. Diceramahi terus-menerus akan membuat pasangan kesal. Ada banyak cara halus yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan memujinya. Katakanlah bahwa Anda sangat senang bahwa baju yang pasangan pakai tidak lagi bau rokok. Berikan juga alasannya, bisa katakana bahwa ini akan membantu Anda dalam mencuci baju tanpa memisahkan dengan yang lain. Tetapi ingat untuk tidak menggurui apalagi memaksanya untuk berhenti merokok segera.

  1. Mengalihkan Perhatian

Salah satu cara efektif untuk membuat pasangan berhenti merokok adalah dengan mengalihkan perhatiannya. Anda bisa mengajaknya untuk melakukan beragam aktivitas di rumah. Seperti olahraga ringan, membantu memasak di dapur, membersihkan area taman atau bermain game bersama. Anda juga bisa mengajak pasangan untuk melakukan meditasi supaya menyegarkan pikiran. Hindari untuk sementara pergi ke tempat yang banyak orang merokok seperti kafe. Cara ini bisa membantu secara perlahan pasangan Anda berhenti merokok.

  1. Supportive dalam masa-masa sulit

Satu hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat pasangan berhenti merokok adalah dengan selalu memberikan rasa support di masa-masa sulit. Orang yang merokok mengalami kecanduan, rasanya sama seperti mengonsumsi obat-obatan terlarang. Maka tidak jarang orang yang ingin berhenti merokok akan gagal di awal percobaannya. Namun, dengan adanya dukungan dari Anda tentu pasangan akan selalu merasa terdorong untuk bisa menahan godaan merokok dan lama kelamaan akan mulai terbiasa dan meninggalkan kebiasaan merokok.

  1. Memprioritaskan hal yang lebih penting

Ajak pasangan untuk menghitung bersama berapa biaya yang dikeluarkan hanya untuk membeli rokok. Setelah itu, cobalah Anda mulai berbicara seolah-olah beranda bahwa uang rokok tersebut bila dikumpulkan sudah bisa dipakai untuk membeli barang penting lainnya. Anda juga bisa memberikan sedikit edukasi tentang pentingnya gaya hidup sehat agar pasangan bisa menyadari dan mampu mengendalikan diri untuk berhenti merokok. Selain itu, anak juga perlu menghirup udara yang lebih bersih daripada yang selama ini dihirupnya.