Membaca Dzikir Pagi Petang dan Manfaatnya

Dzikir artinya adalah mengingat Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan banyak menyebut nama-nama-Nya, baik secara lisan maupun dalam hati. Berdzikir bisa diartikan sebagai sikap selalu mengingat Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam berbagai keadaan, selalu merasa dilihat dan diawasi segala gerak gerik kita oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

 

Sehingga dimanapun dan kapanpun ia berada, tidak akan berani melakukan hal yang dilarang oleh-Nya. Dzikir dilakukan di waktu kapan pun dan dimanapun, dan bacaan dzikir saat pagi , siang, dan malam berbeda.

 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman,

“ ( Yaitu ) Mereka yang berdzikir (mengingat) kepada Allah saat berdiri, duduk dan saat berbaring.” ( QS. Ali-Imran,3 : 191 )

 

Bacaan Dzikir Pagi dan Petang

1. Ayat Kursi ( Dibaca Pagi dan Sore 1x )

“ Allah tidak ada Ilah (yang berhak diibadahi) melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus Makhluk-Nya; tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada dilangit dan dibumi. Tidak ada yang dapat memberi syafa’at disisi Allah tanpa seizin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang (berad) dihadapan mereka, dan dibelakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari Ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa besar memelihara keduanya, Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. “ ( QS. Al-Baqarah : 255 )

 

2. Membaca Surat Al-Ikhlas ( Dibaca Pagi dan Sore 3x )

“ Katakanlah, Dia-lah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah (Rabb) yang segala sesuatu bergantung kepada-Nya. “ ( QS. Al-Ikhlas : 1-4 )

 

3.  Membaca Surat Al-Falaq ( Dibaca Pagi dan Sore 3x )

“ Katakanlah: ‘ Aku berlindung kepada Rabb Yang Menguasai (waktu) Shubuh dari kejahatan makhluk-Nya. Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita. Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul. Serta dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki. “ ( QS. Al-Falaq : 1-5 )

 

4. Membaca Surat An-Naas ( Dibaca Pagi dan Sore 3x )

“ Katakanlah, ‘ Aku berlindung kepada Rabb (Yang Memelihara dan Menguasai) manusia. Raja Manusia. Sembahan(Ilah) manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi. Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada-dada manusia. Dari golongan jin dan manusia. “ ( QS. An-Naas : 1-6 )

 

5. Membaca Sayyidul Istighfar ( Dibaca Pagi dan Sore 1x )

“ Ya Allah, Engkau adalah Rabb-ku, tidak ada Ilah (yang berhak diibadahi dengan benar) kecuali Engkau, Engkau-lah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku dengan-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau. “

 

Manfaat Membaca Dzikir Pagi dan Petang

  1. Membuat Hati menjadi tenang
  2. Mendapatkan Pengampunan dan Pahala yang besar
  3. Dengan Mengingat Allah, maka Allah akan ingat kepada kita
  4. Dzikir itu diperintahkan oleh Allah agar kita berdzikir sebanyak-banyaknya
  5. Banyak menyebut nama Allah akan menjadikan kita beruntung
  6. Dzikir kepada Allah merupakan pembeda antara orang mukmin dan munafik
  7. Dzikir merupakan amal ibadah yang paling mudah dilakukan.

 

Yuk kita biasakan berdzikir di pagi dan petang ;)

Semoga bermanfaat yaa #emmaqueenlovers :)

 

Sumber : dalamislam.com