Manfaat Berwudhu untuk Kesehatan

Berwudhu memiliki banyak manfaat. Oleh karena Rasulullah Shallallahu’Alaihi Wa Sallam juga menganjurkan kepada sahabat-sahabatnya untuk berwudhu.

“ Barangsiapa yang berwudhu dan membaguskan wudhunya, maka akan keluarlah dosa-dosanya dari badannya, sampai-sampai ia akan keluar dari bawah kukunya. “ ( HR. Muslim )

Dalam hadits dikatakan Allah akan menghapus dosa hamba-Nya bagi siapa saja yang berwuhdu. “ Maukah kutunjukkan kepada kalian sesuatu yang dapat menjadi sebab Allah menghapuskan dosa-dosa dan meninggikan derajat? “ Mereka para sahabat menjawab, “ Tentu saja mau, wahai Rasulullah. “ Maka beliau menjawab, “ Yaitu menyempurnakan wudhu dalam kondisi tidak menyenangkan, memperbanyak langkah menuju masjid, menunggu shalat berikutnya sesudah mengerjakan shalat, maka itulah ribath. “ ( HR. Muslim )

Seorang psikiater sekaligus ahli neurology asal Austria, Profesor Leopold Werner von Ehrenfels menemukan pusat-pusat saraf yang paling peka dalam tubuh manusia terdapat di sebelah dahi, tangan, dan kaki ( daerah-daerah yang dibasuh saat berwudhu ).

Pusat-pusat saraf tersebut sangat sensitif terhadap air segar, dimana ia akhirnya menghubungkan hikmah wudhu yang membasuh pusar-pusar saraf tersebut yang kiranya dapat memelihara kesehatan dan keselarasan pusat saraf dalam tubuh manusia.

 

Sumber : republika.co.id