Keutamaan Jujur Dalam Agama Islam

Islam memerintahkan umat Islam untuk jujur kepada dirinya sendiri dan orang lain. Perintah ini berulang kali hadir dalam Al-Qur’an dan hadits Nabi Muhammad Shallallahu’Alaihi Wa Sallam. Islam memerintahkan Muslim untuk mengatakan yang sebenarnya meskipun bertentangan dengan kepentingannya sendiri. Islam memerintahkannya untuk tidak menipu atau mengkhianati orang lain.

Seorang Muslim diperintahkan oleh Allah untuk menjadi jujur dalam perkataan dan perbuatannya, baik secara pribadi maupun publik. Kejujuran dalam kata-kata berarti mengatakan kebenaran disegala situasi.

Kejujuran juga menyiratkan memenuhi janji, baik tertulis maupun yang diberikan secara lisan. Kejujuran berarti memberi setiap orang hak tanggungan dan haknya tanpa meminta hak-hak ini.

Berikut Keutamaan Jujur Dalam Islam yaitu :

  1. Meningkatkan Kecintaan Allah SubhanahuWaTa’ala

Sudah sangat jelas bahwa ajaran agama Islam sangat melarang umatnya untuk bersikap tidak jujur maupun berbohong. Bahkan sabda Nabi Muhammad Shallallahu’Alaihi Wa Sallam dengan tegas menyatakan perihal kejujuran dalam islam :

“ Sesungguhnya dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. “

Sebagaimana yang telah dirangkum dalma hadits tersebut maka jelas Allah Subhanahu Wa Ta’ala sangat membenci para pembohong. Dan akan sangat mencintai kita sebagai umatnya jika ingign berkata jujur dan berbuat baik. Bukan tidak mungkin kita menjadi calon muslimin yang dimuliakan berikutnya.

  1. Membawa Perdamaian

Islam memerintahkan kaum Muslimin untuk jujur kepada dirinya sendiri dan orang lain. Perintah ini berulang kali hadir dalam Al-Qur’an dan hadits Nabi Muhammad Shallallahu’Alaihi Wa Sallam. Islam memerintahkan Muslim untuk mengatakan yang sebenarnya meskipun bertentangan dengan kepentingannya sendiri didalam banyak ayat.

Islam memerintahkannya untuk tidak menipu atau mengkhianati orang lain. Seorang Muslim diperintahkan oleh Allah untuk menjadi jujur dalam perkataan dan perbuatannya, baik secara pribadi maupun publik. Ini akan membawa kedamaian dimanapun.

  1. Menjaduhkan dari Hal yang Tidak Baik

Peringatan yang berat diberikan pada ayat berikut ini kepada para pedagang yang menipu :

“ Celakalah orang-orang yang berurusan dengan penipuan, orang-orang yang jika mereka harus menerima dengan mnegukur dari orang-orang, ukuran yang pasti,tetapi jika mereka harus memberi dengan ukuran atau bobot kepada laki-laki, berikan lebih sedikit daripada seharusnya. Apakah mereka tidak berpikir bahwa mereka akan dipanggil untuk bertanggung jawab pada suatu hari yang perkasa ketika ( semua ) umat manusia akan berdiri dihadapan Tuhan Semesta Alam. “ ( 133 : 1-6 )

  1. Kejujuran Menumbuhkan Keberanian

Keberanian bukan tidak adanya rasa takut. Keberanian melakukan apa yang anda tahu anda inginkan atau perlu lakukan, terlepas dari ketakutan Anda. Dibutuhkan keberanian yang besar untuk mengatakan apa yang Anda rasakan. Seringkali sulit dan membutuhkan latihan dan kesabaan, tapi imbalannya sangat besar.

  1. Kejujuran Menciptakan Lingkaran Cinta

Kejujuran memberi contoh yang mengajak orang lain untuk meniru. Bila orang lain merespons dengan jujur, itu bisa menciptakan kedekatan dan keaslian interpersonal lebih banyak. Hal ini sering diterjemahkan menjadi cinta dan dapat menciptakan evolusi hubungan cinta sesama muslim yang terus berlanjut tercantum dalam tips bersahabat dalam Islam.

  1. Kejujuran Menghilangkan Emosi

Menyembunyikan perasaan atau informasi yang benar membuat sampai emosional. Ini dikenal sebagai gunnysacking, yang membutuhkan banyak energi untuk mengalahkan diri sendiri. Jujur dari awal setiap interaksi mencegah penumpukan sampai emosional dan membersihkan gosip emosi sendiri.

 

Sekarang setelah kita mengetahui manfaat kejujuran dalam islam bukan ? Mengapa tidak mencoba mengamalkannya dan terus mengamalkannya mulai dari sekarang ? Insya Allah Surga adalah jaminannya.

 

Sumber : dalamislam.com