Keuntungan Menikah di Usia 30 Tahun

Memasuki usia 20-an pasti Anda sudah banyak melihat teman-teman yang menikah. Belum lagi adanya tekanan dari keluarga untuk segera menikah. Bagi yang merasa sudah mampu secara finansial, siap untuk melepas masa lajang di usia muda. Namun bagi yang merasa masih ragu dan belum siap menikah cepat juga tidak masalah karena pernikahan bukan suatu hal yang harus dipaksakan dan dilakukan terburu-buru.

Ada banyak yang memutuskan untuk menikah di usia 30 tahun atau lebih dengan berbagai alasan. Menikah di usia yang matang bukan suatu kesalahan. Menikah perlu menyiapkan banyak hal terutama dari segi finansial.

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk menikah di usia 30-an ada banyak keuntungan loh! Apa saja itu? Mari kita simak di sini!

  1. Mandiri Secara Finansial

Di usia 30 tahun biasanya fase jenjang karir sudah meningkat sehingga Anda dianggap sudah mandiri secara finansial. Jika Anda memiliki keuangan yang stabil tentu akan lebih percaya diri untuk membangun keluarga. Pada saat inilah Anda bisa memutuskan untuk menikah.

Tetapi pastikan sebelum menikah Anda menyelesaikan masalah keuangan seperti pinjaman atau hutang agar tidak menyusahkan rumah tangga ke depannya.

  1. Memiliki Waktu Menyelesaikan Pendidikan

Menjalani kuliah sambil mengurus rumah tangga tidaklah mudah dan pastinya akan ada salah satu yang dikorbankan. Maka, banyak yang memutuskan untuk menunda pernikahan dengan alasan ingin menyelesaikan pendidikan. Di usia 30 tahun biasanya orang sudah menyelesaikan pendidikan tinggi yang diinginkan. Apalagi kini sudah banyak progam pendidikan yang memungkinan seseorang bisa kuliah sambil bekerja. Ini bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk menikah.

  1. Punya Tujuan Hidup yang Jelas

Memasuki usia 30 tahun, Anda pasti telah memiliki banyak pengalaman dalam berhubungan atau mengamati teman-teman di sekitar. Hal yang terpenting adalah memahami diri sendiri dengan baik. Memiliki banyak pengalaman tentu akan membuat Anda bisa menentukan tujuan hidup yang jelas. Terutama dalam memilih pasangan. Anda akan lebih percaya diri terhadap pilihan sendiri dan mampu membuat keputusan yang pragmatis.

  1. Lebih Dewasa

Pacaran di usia remaja pasti akan mudah bertengkar dengan pasangan hanya karena masalah sepele. Seiring dengan bertambahnya usia dan pengalaman, pertengkaran seperti bisa dihindari.

Sikap kedewasaan seseorang lah yang bisa membuat hubungan berjalan dengan lancar. Asalkan semua masalah bisa diselesaikan secara baik-baik. Ada 2 kunci penting keberhasilan rumah tangga yaitu kemampuan komunikasi dengan pasangan dan kedewasaan.

  1. Bisa Mewujudkan Pernikahan Impian

Pernikahan merupakan momen berharga sekali seumur hidup maka tidak heran bila biaya yang dikeluarkan untuk menggelar pesta pernikahan tidak sedikit. Ketika Anda sudah memiliki tabungan tentu tidak merasa khawatir untuk mewujudkan pernikahan impian.

 

Itulah beberapa keuntungan menikah di usia 30 tahun. Jangan takut atau malu karena belum menikah karena semuanya harus dipersiapkan secara matang dan yang terpenting adalah menikah dengan orang yang tepat.