Jangan lewatkan amalan-amalan baik di bulan Muharram

               Bulan Muharram merupakan bulan mulia yang memiliki keutamaan luar biasa. Di bulan ini, ada banyak kesempatan yang bisa Kita lakukan untuk mendulang amal sholih. Salah satunya adalah amalan baik di bulan Muharram berupa puasa yang ditekankan oleh Rasulullah. Muharram sendiri termasuk bulan yang haram. Yang artinya, diharamkan berperang pada bulan ini. Kemudian juga dilarang untuk mendzalimi diri sendiri maupun orang lain.

Allah berfirman pada surah at-Taubah : 36, yang artinya : “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah menganiaya diri dalam bulan yang empat itu.

Tentu saja merupakan sebuah kenikmatan tersendiri bagi para mukmin dan mukminah jika mendapati bulan Muharram. Bulan Muharram sarat akan pahala dan ladang amal bagi mereka yang bersungguh-sungguh ingin bertaqwa di awal tahun ini dengan penuh ketaatan. Lalu amalan baik di bulan Muharram seperti apa yang bisa kita lakukan? Berikut penjelasannya.

 

Amalan Baik di Bulan Muharram

               Berpuasa di bulan Muharam merupakan amalan baik di bulan Muharram yang tidak boleh terlewatkan. Rasulullah Shallallaahu’alaihi wa sallam bersabda dalam hadits yang disebutkan oleh Imam Muslim yang artinya: “Sebaik-baik puasa setelah bulan Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram, dan sebaik-baiknya sholat setelah sholat fardhu adalah sholat malam. (HR. Muslim No.2755).

Akan tetapi perlu diingat bahwa Kita tidak diperbolehkan puasa di seluruh hari pada bulan Muharram. Hal ini  karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah melakukan puasa sebulan penuh kecuali di bulan Ramadhan saja. Adapun beberapa hal yang bisa kita lakukan di bulan Muharram yakni:

  1. Puasa Asyura

Amalan baik di bulan Muharram yang lebih afhal adalah puasa hari asyura. Yakni pada tanggal tanggal 10 Muharram. Menjalankan puasa Asyura merupakan amalan dahsyat yang mampu menghapus dosa selama setahun lalu.

Adapun haditsnya yakni “Nabi shallallahu’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, “Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistemewaan puasa ‘Asyura? Beliau menjawab, “Puasa ‘Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no.1162).

  1. Puasa Tasu’a

Selain berpuasa di tanggal 10 Bulan Muharram, Kita juga dianjurkan untuk berpuasa di hari sebelumnya yakni pada hari ke-9 Bulan Muharram. Puasa Tasu’a dilakukan sehari sebelum puasa Asyura. Hal ini diperintahkan dalam rangka menyelisihi Yahudi yang berpuasa di hari kesepuluh saja.

  1. Puasa Ayyamul Bidh

Merupakan puasa awal bulan yang dilakukan pada tanggal 13 Muharram, 14 Muharram, 15 Muharram.

  1. Puasa senin-kamis

Puasa ini dilakukan pada hari senin dan kamis pada bulan Muharram. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR.Tirmidzi no.747).

  1. Perbanyak amalan baik di bulan Muharram

Selain ditekankan untuk melakukan puasa di beberapa hari pada bulan Muharram, ada baiknya Kita untuk senantiasa memperbanyak amalan shalih. DI bulan ini perbuatan baik akan dibalas dengan pahala yang besar. Tentu saja sebaliknya, jika melakukan perbuatan yang buruk maka akan dibalas dengan dosa yang besar.

Untuk itu, jangan sampai Kita terlalaikan akan keutamaan bulan Muharram yang bisa diraih dengan mudah. Hal ini menjadi bukti bahwa kasih sayang dan kemurahan Allah kepada setiap hamba-hambanya yang beramal shalih.

  1. Taubat

Menyesali dosa-dosa yang telah dilakukan di masa lalu, juga bertekad untuk tidak melakukannya kembali. Perkara ini merupakan kewajiban seorang muslim dan muslimah yang telah terjatuh dalam maksiat dan dosa. Maka jangan menunda-nunda taubat kepada Allah karena kematian tidak tau kapan ia datang.

Bulan Muharram merupakan bulan yang begitu mulia yang dapat memambah pundi-pundi pahala. Ada banyak keutamaan sebagaimana bulan Ramadhan yang juga memiliki banyak keutamaan. Maka jangan sia-siakan amalan baik di bulan Muharram yang baik ini untuk mendapatkan keutamaan-keutamaannya bukan menambah maksiat dan dosa.