Jadikanlah Sabar dan Shalat sebagai Penolongmu

Dalam 2ayat surah Al Baqarah, Allah memerintahkan bagi hamba-Nya untuk meminta pertolongan dengan bersabar dan mendirikan shalat. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

“ Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu. “ ( QS. Al Baqarah : 45 )

Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga berfirman :

“ Hai orang-orang yang beiman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. “ ( QS. Al Baqarah : 153 )

Sabar adalah Kunci Keberhasilan

Syekh Muhammad bin Shalih al’Utsaimin rahimahullah berkata, “ Allah memerintahkan agar kita meminta pertolongan dalam setiap hal dengan bersabar dalam menghadapinya. Seorang hamba jika bersabar dan menunggu keberhasilan yang Allah berikan maka niscaya masalah yang dihadapinya akan menjadi ringan. Jika engkau mendapat suatu musibah maka engkau butuh bersabar dalam menghadapinya.

“ Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan itu akan datang kemudahan. “ ( HR Ahmad )

Ayat diatas menunjukan secara khusus keutamaan sabar, karena sabar menjadi sebab datangnya pertolongan Allah dari berbagai penderitaan dan musibah. Para ulama menjelaskan bahwa kesabaran mencakup tiga hal ; sabar dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah, sabar dalam meninggalkan maksiat, dan sabar dalam menghadapi takdir Allah. ( Tafsir QS. Al Baqarah : 45 )

 

Shalat adalah sebab pertolongan berbagai permasalahan dunia dan agama

Syekh Muhammad bin Shahih al’Utsaimin rahimahullah berkata, “ Adapun salat maka akan menjadi penolong dalam setiap urusan dunia maupun agama, sehingga disebutkan dalam sebuah hadits, “ Bahwa Rasulullah Shalllallahu’Alaihi Wa Sallam apabila mengalami sesuatu masalah serius, beliau segera melakukan shalat. “ ( HR. Abu Daud )

Allah telah menerangkan dalam kitab-Nya bahwa shalat akan mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Jika seorang hamba meminta pertolongan dengan melakukan shalat dalam setiap urusannya, maka Allah akan mudahkan baginya karena shalat merupakan penghubung antara hamba dengan Rabb-Nya. Berhentinya aktivitas hamba kemudian melaksanakan shalat, menjalin hubungan dengan Rabb-Nya, berdo’a dan mendekatkan diri kepada Allah, dan disertai pula dengan amalan-amalan sunah yang dia lakukan saat shalat tersebut, maka ini semua merupakan sebab shalat yang dia lakukan menjadi pertolongan baginya. “ ( Syarh Riyadhis Shalihin )

Shalat akan menjadi sebab pertolongan apabila secara sempurna, yaitu menghadirkan hati dan melakukan dengan sempurna perkara wajib dalam shalat.

 

Sumber ; Muslim.or.id