Dahsyatnya Arti Setiap Bacaan Duduk di Antara 2 Sujud dalam Sholat

Mari kita baca dan resapi lagi do’a duduk diantara dua sujud yang lagi maknanya sangat dahsyat dan luar biasa sekali.

“ Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aafini wa’fu’annii “

Artinya : " Ya Tuhanku, Ampunilah Aku, Kasihanilah Aku, Cukupkanlah ( kekurangan ) Ku, Angkatlah ( derajat ) Ku, Berilah Aku rezeki, Berilah Aku Petunjuk, Berilah Aku Kesehatan dan Maafkanlah ( kesalahan ) Ku. “

  • Rabbighfirlii

Ya Tuhanku, Ampunilah dosaku. Dosa adalah beban menyebabkan kita berat melangkah menujur keridhoan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dosa adalah kotoran yang membuat hati kelam sehingga hati kita akan merasa berat untuk melakukan kebaikan.

  • Warhamnii

Sayangilah diriku, kalau kita disayang Allah hidup akan terasa nyaman. Karena dengan Kasih Sayang akan tercapai semua cita-cita ( harapan ) kita. Dengan Kasih Sayang Allah nafsu kita akan terbimbing.

  • Wajburnii

Tutuplah segala kekuranganku. Banyak sekali kekurangan kita, kurang syukur, kurang sabar, kurang bisa menerima kenyataan, mudah marah, pendendam, dan lain-lain. Kalau kekurangan kita ditutup/diperbaiki Allah, maka kita akan menjadi manusia sebenarnya.

  • Warfa’nii

Berilah Aku Rezeki. Sebagai hamba Allah kita membutuhkan rezeki. Allah mampu mendatangkan rezeki dari arah yang tak terduga dan tanpa perhitungan.

  • Warzuqnii

Berilah aku petunjuk / bimbinglah aku ke jalan kebahagiaan. Kita tidak hanya minta petnjuk/hidayah yang berkaitan dengan agama. Tetapi kita juga minta petunjuk agar terhindar dari mengambil keputusan yang salah.

  • Wa’aafinii

Berilah Aku Kesehatan. Apabila kita sehat kita bisa menambah kebaikan dan manfaat serta tidak menjadi beban orang lain.

  • Wa’fuanni

Aku mohon agar kesalahanku dihapus dari catatan. Dari do’a tersebut diawali do’a dengan mohon ampun dan kita akhiri dengan permohonan ampunan untuk menghapus dosa. Sehingga kita benar-benar bersih. Allah Subhanahu Wa Ta’ala memerintahkan kepada kita untuk membaca do’a tersebut, dan Nabi Muhammad Shallallahu’Alaihi Wa Sallam mencontohkan kepada kita, menurut logika do’a tersebut pasti Allah akan mengabulkannya.

Juga terkadang menjadi persoalan dimana hati dan pikiran kita ketika membaca do’a itu ? Begitu dahsyatnya do’a tersebut, dan masih banyak orang sering tergesa-gesa membaca do’a ini yang harusnya tuma’ninah dengan meresapi dan benar-benar meminta kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dengan begitu sekarang kita sudah tahu makna nya, maka dari itu kita tanamkan untuk tidak tergesa gesa dalam sholat . Niatkan dengan sungguh-sungguh.

Semoga kita bisa merasakan nikmatnya dalam sholat.

 

Sumber : assalaam.id