Ciri Mertua Menyebalkan Dan Trik Santai Menghadapinya

Ketika Anda memutuskan untuk menikah maka harus mau ‘menikah’ dengan keluarga besarnya juga. Anda akan dihadapkan oleh situasi yang memungkinan ibu atau ayah mertua ikut campur dalam urusan rumah tangga. Memiliki mertua yang selalu supportif rasanya sulit sekali. Ada saja hal-hal kecil yang bakal dikomentari oleh mereka. Mulai dari masakan yang kurang sedap, mengurus suami dengan kurang teliti, bahkan mempersiapkan kebutuhan anak yang dirasa selalu kurang ideal. Tidak sedikit pula yang ikut andil dalam mengambil keputusan rumah tangga Anda. Jika seperti ini maka bisa dikatakan bahwa mertua Anda merupakan tipe mertua yang menyebalkan.

Apalagi bila Anda masih tinggal satu atap dengan mertua, pastinya keadaan seperti itu akan Anda alami setiap saat. Sudah menjadi lagu lama jika ada perselisihan di antara mertua dan menantu. Namun, apapun masalahnya pasti ada jalan keluarnya. Nah, maka dari itu Anda harus mengetahui trik santai menghadapi mertua yang menyebalkan. Hal ini demi menjaga hubungan Anda dengan mertua tetap baik.

  1. Berikan Hadiah

Salah satu cara untuk bisa meluluhkan mertua yang menyebalkan adalah dengan mengambil hati mereka. Belikan barang yang memang dari dulu mereka inginkan. Bila Anda tidak tau, maka bisa membelikan makanan kesukaan mereka. Hal-hal kecil seperti ini meskipun hanya makanan, tetapi hal tersebut sudah mampu untuk mengambil hati mertua. Itu artinya Anda perhatian dengan mereka.

  1. Jadilah Pribadi yang Handal Dalam Segala Hal

Mertua yang menyebalkan pasti memiliki banyak cara untuk mengomentari hal-hal yang ada di dalam diri kita. Apalagi bila memiliki menantu yang tidak bisa melakukan pekerjaan rumah tangga dengan baik. Maka dari itu, Anda harus bisa menjadi pribadi yang handal dalam segala hal termasuk mengurus rumah tangga. Mertua akan menilai Anda menantu yang serba bisa sehingga tidak lagi ikut campur dalam urusan rumah tangga.

  1. Terapkan Batasan

Ada baiknya Anda menerapkan batasan mana hal yang boleh dan tidak boleh dicampuri oleh mertua. Bukannya tidak sopan tetapi demi menjaga privasi dan kehamornisan hubungan Anda bersama pasangan.

  1. Kerjasama Dengan Suami

Jika Anda sudah menerapkan batasan, maka jangan lupa ceritakan juga kepada suami. Pastikan suami ikut support peraturan setiap langkah yang Anda ambil dalam menghadapi 'tantangan' dari mertua sehingga setiap masalah bisa diselesaikan secara bersama-sama tanpa saling menyalahkan satu sama lain.

  1. Tetap Sopan dan Ramah

Menghadapi mertua yang menyebalkan harus tetap disikapi dengan sopan dan ramah. Bersikap baik kepada mertua bukanlah suatu keharusan, melainkan sebuah kewajiban. Jika kita tetap berbuat baik pada mereka, niscaya suatu saat nanti mertua juga akan sungkan sendiri jika bersikap menyebalkan kepada Anda.