Bagaimana Jalan Meraih Keshalihan

Dua Faktor Meraih Keshalihan

 

Kita semua pasti ingin menjadi orang shalih, juga menginginkan anak keturunan yang shalih. Namun, perlu kita pahami bahwa keshalihan itu tidak bisa diraih kecuali melalui dua jalan.

 

Pertama,

Taufiq dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala, juga hidayah, pertolongan, bimbingan dan kemudahan dari Allah . Karena Dzat yang Maha Memberi Petunjuk hanyalah Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “ Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk. Dan barangsiapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tidak akan mendapatkan seorang pemimpin pun yang dapat memberi petunjuk kepadanya. “ ( QS. Al-Kahfi : 17 )

Allah Subhanahu Wa Ta’ala jug berfirman;

Artinya “ Allah menyeru (manusia) ke Daarussalam ( Surga ), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus ( Islam ). “ ( QS. Yunus : 25 )

 

Berdasarkan ayat diatas, maka Hidayah dan Keshalihan itu ada ditangan-Nya. Apa yang Allah Ta’ala kehendaki, pasti akan terjadi. Sedangkan yang Allah tidak kehendaki, tidak akan terjadi.

 

Kedua,

Usaha Manusia, kesungguhan dan kegigihannya untuk meraih keshalihan tersebut. Demikian pula, manusia berupaya untuk menempuh sebab , jalan, dan sarana-sarana untuk meraih keshalihan tersebut.

Nabi Muhammad Shallallahu’Alaihi Wa Sallam bersabda,

“ Bersemangatlah untuk meraih hal-hal yang bermanfaat bagimu, dan mintalah pertolongan kepada Allah.” (HR. Muslim no.2664)

 

“ Bersemangatlah untuk meraih hal-hal yang bermanfaat bagimu,” yaitu dengan mencurahkan segala upaya untuk mencari sebab-sebab yang bermanfaat dan sarana yang mengantarkan kepada keshalihan. Yang dengannya, seseorang bisa meraih keshalihan dan merupakan sebab untuk mendapatkan hidayah. Misalnya, dengan mendatangi majelis ilmu ( pengajian ), bergaul dengan orang-orang shalih, dan sebagainya.”

 

“ Mintalah pertolongan kepada Allah “, maksudnya bersandarlah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, engkau meminta pertolongan-Nya, dan senantiasa berharap kepada-Nya untuk memberikan engkau taufiq dan hidayah, juga untuk meneguhkan hatimu dijalan hidayah. Engkau meminta pertolongan kepada Allah Ta’ala untuk meraih keshalihan dan bisa istiqomah diatasnya.

 

SUMBER MERAIH KESHALIHAN

Kita perlu mengetahui dua sumber utama meraih keshalihan, yaitu berpegang teguh dengan Al-Qur’an dan sunnah Nabi Muhammad Shallallahu’Alaihi Wa Sallam. Oleh karena itu, menjadi kewajiban bagi setiap orang yang mengingatkan dan mendakwahkan keshalihan, agara yang menjadi pegangan menuju kesana adalah Al-Qur’an dan sunnah Nabi Muhammad Shallallahu’Alaihi Wa Sallam.

Adapun Al-Qur’an, Allah Ta’ala berfirman ;

“ Sesunggihnya Al-Qur’an ini memberikan petunjuk kepada ( jalan ) yang lebih lurus. “ ( QS. Al-Isra’ : 9 )

Adapun Sunnah, dari Abu Hurairah Radhiyallahuanhu, Nabi Shalallahu’Alaihi Wa Sallam bersabda,

“ Aku tinggalkan kepada kalian dua perkara, yang membuat kalian tidak tersesat setelah ada keduanya, yaitu kitabullah dan sunnahku. “ ( HR. Hakim 1 : 172 )

 

 

Sumber : https://muslim.or.id/58130-bagaimana-jalan-meraih-keshalihan.html