12 Jenis Tanaman Hias Daun Ini Siap Hidupkan Suasana Rumahmu

 Pernah merasakan suasana rumah terlihat begitu gersang ? Terutama jika kamu bukan penyuka warna-warna cerah. Penggantian warna cat dinding mungkin bisa memberikan pengaruh signifikan, namun nuansa rumah yang lebih semarak bukan jaminan rumah terasa hidup.

Kurangnya unsur-unsur organik bisa pula menjadi penyebab utama mengapa selama ini rumah tampak tandus. Lalu bagaimana agar suasana rumah tidak gersang dan tandus ? Pilih tanaman hiasa daun adalah jawabannya. Penasaran ? Yuk simak lebih lanjut.

Ini adalah tanaman hias indoor maupun outdoor yang bisa kamu jadikan referensi.

  1. Tanaman Pokok Duit-Duit ( Epipremnum Aureum )

Kalau kamu menyukai tanaman hias daun yang mungil dan simple, pasti kamu akan langsung jatuh hati pada tanaman yang satu ini. Tanaman ini jika ditanam dalam sebuah vas atau pot mini akan sangat cantik menghiasi ruang keluarga atau ruang tamu. Karena warna daunnya yang menyejukkan suasana ruangan dan terasa asri.

Untuk merawatnya , kamu tak perlu bingung sebab tanaman ini tidak memerlukan sinar matahari langsung, maka dari itu cocok diletakkan didalam ruangan. Tetapi jangan sampai lupa untuk menyiramkan air ya , karena tanaman ini memerlukan banyak air.

  1. Bunga Krisan ( Chysanthemum )

Di Negara kita bunga ini dikenal sebagai Bunga Seruni.

 Tanaman hias daun ini merupakan bunga hasil persilangan, sehingga memiliki warna-warni yang memikat seperti merah muda, ungu, dan kuning. Buat kamu yang ingin memiliki tanaman hias berwarna , bunga Krisan ini adalah salah satu pilihan tepat. Karena tanaman ini mampu menetralkan udara dari unsur-unsur yang merugikan tubuh manusia.

Kalau kamu ingin memiliki tanaman ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya, jangan paparkan bunga Krisan pada matahari lansung. Kalau kamu tinggal di dataran tinggi, tanaman ini cocok di pelihara dirumah. Suhu 7-28 Celcius adalah temperatur yang ideal untuk memelihara tanaman ini.

  1. Tanaman Lidah Mertua ( Sansevieria )

Tanaman yang aslinya dari Afrika ini cocok sekali bagi kamu yang nggak suka ribet. Mengapa ? Karena tidak perlu kondisi dan keterampilan khusus untuk merawatnya. Air dan sinar matahari yang cukup mampu membuat tanaman hias daun ini tumbuh optimal. Tapi tetap hindari dari sinar matahari langsung ya ! Pastikan ruang tamu kamu punya ventilasi.

Lidah mertua adalah tumbuhan dengan corak unik sehingga mampu memberikan kesan yang dinamis pada meja kerja dirumah. Kamu dapat menanamnya dalam sebuah pot yang tinggi atau pot yang memiliki penyangga.

Selain mudah dirawat dan bentuknya yang artistik, tanaman ini juga punya beragam manfaat. Lidah mertua diyakini mampu mengurangi racun yang terdapat diudara, seperti benzene, CO2, dan klorofom. Bukan hanya itu, tanaman lidah mertua juga bisa menangkal polusi dan radikal bebas lho!

  1. Kaktus

Mungkin kita kerap melihat tanaman kaktus berukuran besar dan berfikir bahwa tanaman hias daun tersebut tidak dapat ikut mempercantik desain interior rumah. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar lho! Sebenarnya, jika kita pandai memilih tanaman kaktus, maka tanaman tersebut tetap mampu mempermanis tempat tinggal kita. Selain tampak imut dan elok, tanaman hias ini tidak memerlukan perawatan yang khusus. Sinar matahari sedang dan disirami oleh air seminggu sekali sudah cukup mambuat kaktusmu mampu bertahan hidup.

  1. Tanaman Siklok ( Agave Attenuate )

Apabila kamu memiliki tanaman ini di belakang atau teras rumah, maka tanaman hias ini dapat menjadi salah satu pilhan untuk membuat tamanmu lebih asri. Bentuk tanaman ini menyerupai pedang dengan warna kekuningan ditepinya dan hijau pada bagian tengah.

Harga tanaman ini pun terjangkau. Keunggulan lainnya, tanaman ini tahan terhadap sinar matahari seharian. Kamu hanya perlu menyiramnya tiap pagi dan memberi pupuk beberapa minggu sekali.