10 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan

Beras yang diolah menjadi nasi adalah salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain beras putih, ada jenis beras lain yang juga mempunyai manfaat kesehatan untuk tubuh, yakni beras merah. Tahukah Anda manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh ini?

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

Salah satu manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh yang sudah banyak diketahui adalah manfaatnya untuk program diet. Beras merah umumnya dikonsumsi oleh seseorang yang sedang dalam proses menurunkan berat badan karena beras merah mengandung gula yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan nasi putih. Disamping itu, beras merah juga sudah terbukti memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi.

Khasiat beras merah bagi kesehatan memang sangat banyak. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh agar bisa memanfaatkan salah satu sumber karbohidrat utama ini dengan lebih maksimal. Lebih jelasnya, berikut khasiat dan manfaat beras merah untuk kesehatan:

1. Mengontrol diabetes

Manfaat beras merah bagi kesehatan yang pertama adalah untuk mengontrol penyakit diabetes pada penderita diabetes dan individu hiperglikemik. Beras merah memiliki indeks glikemik rendah yang membantu dalam mengurangi lonjakan insulin dan membantu dalam stabilisasi kadar gula darah dalam tubuh.

Sebuah studi perbandingan yang dilakukan dalam hal ini mengungkapkan bahwa beras merah kaya asam fitat, serat, dan polifenol penting. Beras merah adalah sumber karbohidrat kompleks yang membantu dalam pelepasan gula lebih lambat dibandingkan dengan nasi putih.

Asosiasi diabetes di Amerika juga merekomendasikan untuk memilih beras merah padat gizi daripada nasi putih untuk penderita diabetes untuk memenuhi kebutuhan vitamin, serat, dan mineral penting dalam makanan mereka. Terbukti jika memang ada manfaat beras merah bagi kesehatan yang terkait dengan pengontrolan diabetes agar kondisi tubuh pasien penderita diabetes tidak semakin memburuk.

2. Mencegah obesitas

Ini manfaat beras merah bagi kesehatan yang kedua. Beras merah berperan dalam mengontrol berat badan bagi orang yang memerangi obesitas. Ini mengandung mangan yang membantu mensintesis lemak tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan dalam hal ini mengungkapkan bahwa konsumsi biji-bijian utuh seperti beras merah memiliki efek positif pada tubuh sehubungan dengan pengurangan indeks massa tubuh (IMT) dan lemak.

Beras merah juga meningkatkan aktivitas glutathione peroxidase, enzim antioksidan, yang membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL pada individu obesitas. Penelitian komparatif lain juga menganjurkan efek anti-obesitas dari beras merah yang dikecambahkan. Bagi yang sedang menjalani program menurunkan berat badan, beras merah sering dianjurkan untuk dikonsumsi saat sedang diet. Cukup penting bukan manfaat beras merah bagi kesehatan yang satu ini?

3. Mencegah Alzheimer

Siapa yang menyangka bahwa ada manfaat beras merah bagi kesehatan yang terkait dengan pencegahan Alzheimer? Khasiat beras merah membantu dalam pencegahan komplikasi neurodegenerative seperti penyakit Alzheimer yang dikaitkan dengan banyaknya asam gama-aminobutyric yang terkandung pada beras merah.

Beras merah yang bertunas mengandung komponen bermanfaat yang membantu dalam penghambatan enzim berbahaya yang disebut endopeptidase prolyl, yang dikaitkan dengan penyakit Alzheimer. Hal ini juga bermanfaat untuk gangguan otak lainnya seperti demensia dan amnesia. Ambil manfaat beras merah bagi kesehatan yang ini untuk mencegah Alzheimer yang tidak diinginkan.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat beras merah bagi kesehatan yang keempat adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Beras merah kaya akan selenium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Konsumsi biji-bijian seperti beras merah membantu mengurangi penyumbatan arteri karena penumpukan plak.

Tindakan pelindung ini mengurangi risiko gangguan jantung seperti hipertensi tinggi dan penyakit vaskular. Studi yang dilakukan dalam hal ini menunjukkan bahwa jaringan di sekitar butir beras merah mengandung komponen yang bekerja melawan protein endokrin angiotensin II, yang memainkan peran utama dalam perkembangan tekanan darah tinggi dan atherosclerosis.

5. Mengontrol kadar kolesterol

Ini manfaat beras merah bagi kesehatan yang kelima. Beras merah adalah pilihan yang bagus untuk menjaga kadar kolesterol yang sehat karena mengandung minyak alami. Sebuah penelitian investigatif mengungkapkan bahwa beras merah memiliki kualitas hipokolesterolemia, sehingga mengatur katabolisme kolesterol. Berisi nutrisi bermanfaat yang membantu metabolisme lipid dan glukosa.

Studi lain yang dilakukan mengungkapkan bahwa konsumsi beras merah telah menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam serum dan konsentrasi kolesterol HDL pada subyek dengan penyalahgunaan etanol kronis. Ahli juga menyebutkan bahwa ekstrak beras merah berkecambah membantu dalam mencegah munculnya trigliserida hati karena konsumsi alkohol yang berlebihan karena adanya asam gamma-aminobutyric. Jadi, manfaat beras merah bagi kesehatan yang ini bisa diambil terutama oleh mereka yang sering mengonsumsi alkohol untuk mencegah kerusakan hati.

6. Meningkatkan kekebalan

Beras merah mengandung banyak sekali vitamin, mineral, dan komponen fenolik esensial yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat beras merah bagi kesehatan poin 6 ini di antaranya adalah untuk memelihara tubuh, mempercepat penyembuhan, dan meningkatkan kemampuannya untuk melawan infeksi.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat beras merah bagi kesehatan yang ketujuh adalah meningkatkan kesehatan tulang. Memang benar, beras merah sangat membantu untuk pemeliharaan tulang yang sehat. Kaya akan magnesium dan kalsium, yang dapat menyediakan struktur fisik tulang. Kandungan beras merah yang kaya magnesium mencegah demineralisasi tulang dan bermanfaat untuk kondisi medis seperti arthritis dan osteoporosis.

8. Menurunkan stres pada ibu menyusui

Manfaat beras merah untuk kesehatan mental ibu menyusui. Sebuah penelitian investigatif telah menunjukkan hasil positif pada wanita menyusui sehubungan dengan pengurangan gangguan suasana hati, tahap depresi dan kelelahan. Hal ini juga menunjukkan bahwa konsumsi beras merah selama menyusui meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan stres dan meningkatkan pertahanan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

9. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Beras merah adalah makanan pokok yang bermanfaat menjaga sistem pencernaan yang sehat. Serat yang ada di dalamnya membantu mengatur fungsi usus dan membuat Anda merasa kenyang. Sebuah studi komparatif yang meneliti efek dari nasi putih dan beras merah selama pencernaan lambung membuatnya secara kualitatif terbukti bahwa lapisan bekatul pada beras merah mencegah penyerapan asam dan kelembapan, menghasilkan retensi tekstur yang lebih baik. Kandungan serat juga membawa bantuan dari kondisi lain seperti sembelit dan kolitis.

10. Mencegah kanker

Beras merah sangat membantu dalam pencegahan kanker usus besar, kanker payudara, dan leukemia. Efek menguntungkan ini dapat dikaitkan dengan keberadaan antioksidan kuat dan kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Kandungan serat yang ada dalam beras merah memiliki kemampuan untuk mengikat dirinya sendiri dengan racun-racun berbahaya yang menyebabkan kanker di dalam tubuh.

Beras merah juga dapat mencegah racun menempel ke dinding usus besar dan membantu menghilangkannya dari tubuh. Sebuah studi investigasi yang mengevaluasi sifat kemopreventif beras cokelat divalidasi bahwa dedaknya mengandung fenol esensial seperti tricin, asam ferulat, dan asam caffeic yang hadir pada tingkat yang jauh lebih rendah dari nasi putih.

Komponen fenolik ini sangat berharga dalam menghambat proliferasi sel-sel kanker usus besar dan payudara. Penelitian lain mengungkapkan efek stimulasi beras cokelat berkecambah pada induksi apoptosis dan efek penghambatannya pada produksi sel-sel kanker leukimia. Selanjutnya, penelitian juga telah memvalidasi efek antitumor dari dedak beras merah untuk diet.

 

Baca Selengkapnya : https://doktersehat.com/manfaat-dan-efek-samping-beras-merah-yang-wajib-anda-ketahui/