Trik Bekerja Dari Rumah Agar Tetap Waras

Pandemi corona telah menciptakan sistem baru dalam kerja. Setiap orang yang memiliki pekerjaan terpaksa harus bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Menjalani transformasi baru dalam bekerja nyatanya tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus tetap berada di rumah dan dituntun produktif dalam bekerja. Disisi lain, Anda juga memiliki banyak waktu untuk istirahat. 

Namun, bila terlalu lama berada di dalam rumah juga dapat menimbulkan rasa setress. Lalu apa yang harus dilakukan agar diri tetap waras dan produktif selama bekerja di rumah? Mari simak di bawah ini!

  1. Tentukan Jadwal Bekerja Secara Terstruktur

Menentukan jadwal bekerja meskipun bekerja di rumah adalah hal yang penting untuk bisa memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Pilih waktu yang tepat untuk agar Anda bisa fokus dalam bekerja. Disarankan mulai dari pagi karena tubuh dan pikiran masih fresh. Sebisa mungkin disiplin lah dengan jadwal bekerja yang sudah Anda buat.

  1. Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

Bekerja dari tempat tidur bukanlah pilihan yang tepat karena justru akan membuat Anda mudah mengantuk. Hindari spot nyaman seperti sofa atau tempat khusus bersantai lainnya di rumah. Lebih baik ciptakan ruang kerja khusus yang dilengkapi dengan kursi kerja empuk yang dapat menahan menyokong punggung dan pinggang dengan baik. Bisa ditambah dengan bantal agar lebih nyaman.

  1. Lakukan Interaksi dengan Sekitar

Menjaga interaksi dengan sekitar dapat menjaga kesehatan mental agar tetap waras dan terhindar dari setress. Anda bisa meluangkan waktu sebentar mengobrol bersama keluarga atau berkomunikasi dengan teman lewat telepon. Rasa bosan umum terjadi selama bekerja di rumah. Tetap ‘terkoneksi’ secara hubungan emosional dengan sekitar baik keluarga maupun teman sangat bagus untuk kesehatan mental.

  1. Jangan Lupa Istirahat

Meskipun bekerja di rumah, jangan melupakan istirahat. Jika dirasa sudah lelah, beristirahlah setidaknya selama 15 menit. Beranjaklah dari kursi kerja Anda lalu berjalan keliling rumah sambil menghirup udara segar atau bermain dengan hewan peliharaan. Istirahat dapat meningkatkan tingkat produktivitas dan membuat Anda menjadi lebih fokus. Namun pastikan Anda tidak melebihi waktu istirahat yang telah dijadwalkan.

  1. Olahraga

Berolahraga di rumah tidak perlu heboh dan memakan waktu lama. Cukup lakukan olahraga ringan tapi lakukan secara rutin sesuai jadwal dan durasi yang telah ditentukan. Stretching meregangkan dan menekuk tubuh Anda  selama 10 menit dapat mengendurkan otot setelah lama duduk bekerja. Menggerakkan tubuh lebih efektif membakar kalori dan membantu meregangkan seluruh tubuh serta mencegah kram otot.

 

Itulah beberapa trik sederhana yang bisa Anda terapkan untuk menjaga diri tetap waras selama bekerja di rumah.