Merawat Tubuh Dengan 4 Tahapan

Kesehatan merupakan aset paling penting dalam hidup. Maka sangat penting untuk merawat kesehatan tubuh agar senantiasa tetap fit dan bugar dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. banyak orang yang masih belum menyadari pentingnya untuk merawat tubuh secara rutin. Jika sejak awal Anda sudah membiasakan merawat kesehatan tubuh, Anda akan memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari penyakit di hari tua nanti. 

Maka dari itu Anda harus pintar dalam membagi waktu antara aktivitas sehari-hari yang padat dan merawat kesehatan tubuh. Berikut terdapat 4 tahapan yang bisa Anda lakukan untuk merawat tubuh agar tetap terlihat segar dan sehat.

  1. Olaharaga

Melakukan aktivitas olahraga tidak harus pergi ke tempat fitness. Cukup dengan berjalan atau jogging di pagi hari mengitari komplek rumah. Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membuat peredaran darah menjadi lancar. Manfaat lainnya adalah Anda akan memiliki kualitas tidur yang baik dan pikiran menjadi menjadi lebih rileks.

Jadi, olahraga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh dalam jangka panjang. Setidaknya luangkan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam setiap minggunya untuk melakukan olahraga.

  1. Banyak Minum Air Putih

Tahukah Anda bahwa 60% dari tubuh kita terdiri dari air. Air memiliki peran penting dalam seluruh kerja tubuh. Fungsi air pada tubuh adalah untuk Membantu sistem metabolisme tubuh dalam mengolah makanan yang dikonsumsi dan diubah menjadi energi yang digunakan untuk beraktivitas setiap hari.

Air juga diperlukan untuk melancarkan pencernaan, menyeimbangkan ion tubuh dan membawa oksigen ke jaringan tubuh lainnya. Maka disarankan untuk minum air putih minimal 2 liter sehari atau sekitar 8 gelas setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk menjaga pasokan air dalam tubuh agar tetap seimbang. Jangan sampai Anda kekurangan cairan tubuh karena dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi saat beraktivitas. Jika hal ini diabaikan, dikhawatirkan akan banyak masalah kesehatan dikemudian hari.

  1. Tidur Cukup

Setelah seharian beraktivitas, tubuh perlu istirahat yaitu dengan cara tidur. Jangan sampai Anda kurang tidur karena bisa mengganggu kinerja otak, menurunkan kekebalan tubuh hingga gangguan emosional. jika tidak ada aktivitas penting lainnya bergegaslah tidur. Orang yang memiliki jam tidur kurang dari 7,5 jam setiap malam beresiko memiliki penyakit jantung yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memiliki waktu tidur cukup.

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Satu lagi yang tidak boleh terlewatkan untuk bisa merawat tubuh dengan baik yaitu mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Pastikan setiap menu makanan yang Anda buat memiliki kandungan protein, protein tanpa lemak, dan karbohidrat yang seimbang. Mineral dan vitamin juga diperlukan tubuh untuk melawan segala penyakit.

Hilangkan kebiasaan buruk menunda-nunda makan. Terlambat makan dapat memengaruhi fungsi tubuh Anda. Konsumsilah makanan sehat agar fungsi tubuh kita berjalan dengan baik.

Itulah 4 tahapan yang dapat Anda lakukan untuk merawat kesehatan tubuh. Ingat, sehat itu aset investasi jangka panjang!