Keutamaan Memuliakan Istri yang Wajib Diketahui

Sebagai seorang wanita, salah satu kebahagiaan tebesar dalam hidup ialah ketika memiliki suami yang sholeh dan senantiasa memperlakukannya dengan baik. Sebagai seorang lelaki pun, menjadi seorang suami yang mampu membahagiakan dan memuliakan istri juga merupakan kebanggaan dan kebahagiaan dari dirinya.

Dalam berbagai kisah sering kita mendengar bahwa Rasulullah pun senantiasa berbuat baik kepada istri istrinya. Dalam keadaan bahagia, susah, kebingungan, ataupun dalam keadaan marah, Rasulullah tidak pernah sekalipun berkata kasar apalagi berbuat sesuatu yang menyakiti istrinya. Beliau senantiasa memuliakan dan amat menyayangi istri-istrinya.

Dari teladan Rasulullah tersebut dapat diketahui bahwa memuliakan istri adalah termasuk dari perbuatan yang utama, yang dicontohkan secara langsung oleh Rasulullah. Sebagaimana seorang muslim yang menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya, kita wajib memuliakan istri, maka dari itu mari kita simak dan pelajari bersama.

  1. Ciri Suami Terbaik

Seorang suami dalam menjalankan tugas dan kewajibannya dalam hubungannya dengan berkeluarga yaitu menikah dan berumah tangga karena Allah, tugas tersebut tentunya akan lebih berkah jika ia mampu menjadi suami yang terbaik untuk istrinya sebagaimana teladan Rasulullah. Selain mendapat keberkahan rumah tangga dan kasih sayang dari istri, suami terbaik yang memiliki ciri memuliakan istrinya juga mendapat derajat sebagai suami yang terbaik di mata Allah dan Rasul-Nya. “ Sebaik-baik suami adalah yang paling baik kepada istrinya, sejelek-jelek suami adalah yang paling buruk kepada istrinya. “ (HR. Muslim)

  1. Suami Sebagai Pemimpin

Sebagai pemimpin, seorang suami memiliki keutamaan memuliakan istri dengan menuntun istrinya dengan cara yang baik, dengan cara membahagiakan istri tercinta, serta memberi teladan baik, secara langsung istrinya akan berbuat baik pula padanya dan menjalankan segala kewajiban rumah tangga dengan perasaan bahagia. “ Kaum pria adalah qawwam ( pemimpin ) bagi kaum wanita. “ (QS. An-Nisa : 34 )

  1. Sebagai Pertanggungjawaban di Akhirat

Suami kelak akan ditanya bagaimana dia memperlakukan dan memimpin istrinya selama didunia. Suami yang memuliakan istri akan terhindar dari keburukan diakherat sebab mampu memberi kebahagiaan pada istrinya serta mendapat ridho Allah. Lelaki yang mampu menjadi seorang yang bertanggung jawab akan mendapatkan ciri ciri istri sholehah dalam diri istrinya yang akan dipertanyakan diakhirat nanti. “ Suami kelak akan ditanya pertanggungjawaban tentang mereka ( keluarganya ). “ ( HR. Al Bukhari no 2554 )

  1. Mendapat Rahmat Allah

“ Karena disebabkan rahmat Allah lah engkau dapat bersikap lemah lembut dan lunak kepada mereka ( keluarganya ). Sekiranya engkau adalah seorang yang kaku,keras, lagi berbakti kasar, tentu mereka akan menjauhkan diri dari sekelilingmu. “ ( QS. Ali Imran : 159 ). Jika anda mampu memuliakan istri, hal tersebut merupakan rahmat dari Allah dan kebaikan-kebaikan yang berikutnya.

  1. Cara Bergaul yang Baik

Bergaul yang baik adalah dengan cara lembut yang tidak menyakiti satu sama lain. Bergaul yang baik kepada istri adalah salah satu keutamaan memuliakan istri, yaitu timbal balik dalam hal kebaikan, bersikap baik sebagaimana seorang suami ingin mendapat pelayanan terbaik dari istrinya. “ Dan bergaullah dengan mereka ( para istri ) dengan cara yang baik. “ ( QS. An-Nisa : 19 )

 

Dan masih banyak lainnya keutamaan memuliakan istri.

Dibalik kesuksesan seorang suami, biasanya ada peran istri disampingnya, ketika suami sedang berjuang keras diluar rumah, seorang istri pun juga bekerja keras dalam keikhlasannya mengabdi dan memberi dukungan serta menata keindahan dan kententraman dirumahnya dengan harapan ketika suami pulang ke rumah akan mendapatkan kesejukan, kebahagiaan, dan kelapangan yang tidak bisa didapatakan diluar rumah.

 

Sumber : dalamislam.com