Do’s and Dont’s Saat Pasangan Sedang Marah

Marah menjadi salah satu emosi yang pasti pernah dialami oleh setiap orang, baik anak-anak maupun dewasa. Meskipun marah menjadi bagian dari emosi manusia, tetapi sudah seharusnya kita bisa mengendalikan emosi tersebut. Mungkin seringkali Anda dihadapkan dengan suatu permasalahan yang menyebabkan pertengkaran dengan pasangan. Bisa juga karena pasangan saat itu sedang memiliki mood yang tidak bagus sehingga sensitif dan mudah marah.

Pertengkaran dalam hubungan memang hal yang wajar, bisa dikatakan sebagai bumbu dalam sebuah percintaan. Namun bila hal tersebut terjadi secara terus menerus tentunya menimbulkan efek yang tidak baik bagi hubungan.

Bila pasangan sedang marah, Anda sebagai pihak yang tidak ikut marah maka perlu mencari solusi dalam menghadapinya. Tentunya tidak mudah karena bila salah kata saja bisa berujung fatal. Maka dari itu perlu adanya tips khusus untuk bisa mereda amarah pasangan dan membuat suasana menjadi tenang kembali.

Berikut beberapa daftar Do’s and Don’ts yang bisa Anda lakukan saat menghadapi pasangan yang sedang marah.

  1. Cobalah Tenang dan Jangan Ikutan Marah

Do’s :

Memilih untuk tenang ketika menghadapi pasangan yang sedang marah adalah keputusan yang tepat. Jika Anda bisa bersikap tenang maka tentu bisa mengambil keputusan yang baik dalam menghadapi pasangan yang sedang marah. Pasangan yang direspon dengan sikap tenang justru akan lebih mudah mereda emosinya. Jika sudah tenang maka Anda dan pasangan akan lebih mudah berkomunikasi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Don’ts :

Jangan Anda terbawa perasaan dan ikut marah. Hal ini justru akan memperkeruh keadaan dan malah akan mempersempit kemungkinan otak untuk berpikir secara logis dalam memecahkan masalah dengan pasangan.

 

 

  1. Gunakan Teknik Komunikasi I-Message dan Jangan Judgemental

Do’s :

Teknik komunikasi I-Message adalah cara untuk menyampaikan pernyataan dengan menggunakan pemilihan subjek “aku”. Teknik ini dinilai mampu untuk pasangan yang sedang marah akan mudah memahami maksud dan tujuan dari ucapan kita.

Don’t’s :

Jangan menggunakan kalimat judgmental saat menghadapi pasangan yang sedang marah. Hal ini justru akan membuat keadaan semakin memanas. Ketika sedang marah, seseorang biasanya tidak akan mau disalahkan. Kalimat judgmental hanya akan membuat orang yang marah semakin marah.

  1. Temukan Masalah dan Jangan Berdebat Tanpa Akhir

Do’s :

Sebaiknya Anda menanyakan dengan baik-baik tentang masalah apa yang membuat pasangan marah. Mungkin ada hal lain yang membuat pasangan merasa frustrasi. Gunakan nada rendah ketika berbicara kepada pasangan, maka dia akan lebih bisa berfikir jernih dan mau mengungkapkan alasan amarahnya. Jika Anda bertanya dan bisa menemukannya masalahnya maka persoalan pasangan yang marah tentu akan mudah diatasi.

Don’ts :

Setiap orang tentu memiliki pendapat yang berbeda-beda. Namun hal ini tidak bisa diterapkan dalam segala kondisi. Bila Anda sedang menghadapi pasangan yang marah maka sebaiknya untuk tidak memperdebatkan hal yang sudah jelas tidak bisa ditawar oleh pasangan.