10 Perbuatan Buruk Yang di Benci Allah

10 Perbuatan Buruk Yang Di Benci Allah

Manusia tidak luput dari kesalahan dan perbuatan dosa, tetapi manusia di beri akal dan pikiran serta hati nurani supaya bisa mengontrol melakukan perbuatan dosa. Allah mencintai hamba-Nya dengan secinta-cintanya, buktinya Allah menetapka aturan baik dan buruk guna kemakmuran umatnya semata. Disini allah juga membuat aturan yaitu, larangan yang seharusnya di jauhi oleh makhluknya, sebab perbuatan buruk yang di benci Allah tersebut benar-benar mendatangkan madhorot.

Akan tetapi manusia sekarang ini seakan-akan berpenampilan bodoh dengan larangan yang Allah berikan, mereka seenaknya sendiri melanggar aturan yang Allah berikan. Meskipun telah di jelaskan akan ganjaran akibat dari perbuatan buruk yang di benci Allah tersebut. Dengan kata lain mereka tidak peduli dengan ancaman yang Allah berikan, bahkan sekaraang dimana-mana perbuatan buruk di pertontokan dan sudah menjadi kebiasaan.

 

Bahayanya Melakukan Perbuatan Buruk Yang Di Benci Allah Bagi Diri Kita

Kita sebagai seorang muslim seharusnya bisa menghindari perbuatan buruk yang di benci Allah ini. Jika kita menemui pertanyaan, banyak berita bagaimana mungkin seorang muslim bisa malakukan perbuatan dosa?. Disini tidak penting orang itu muslim atau bukan muslim, sebab semua manusia mempunyai haa nafsu, jika manusia tersebut tidak bisa mengendalikannya maka yang akan terjadi perbuatan dosa tetap di lakukan.

Allah senantiasa menjadikan jalan seorang yang berada di jalannya dengan penuh keridhohan, setiap kegiatan yang di dasari ke ridhohan Allah akan mendatangkan namanya pahala. Allah memberikan kabar baik yang bisa kita lihat di dalam Al-Qur’an surah Fushshilat/41 ayat 46 yang artinya:

“Barangsiapa yang mengerjakan amal yang saleh maka (pahalanya) untuk dirinya sendiri dan barangsiapa yang berbuat jahat maka (dosanya) atas dirinya sendiri; dan sekali-sekali tidaklah Rabbmu menganiaya hamba-hamba(Nya)

Dalam Al-Qur’an Allah telah memberikan banyak informasi serta akibat dari apa yang kita lakukan, namun banyak dari kita yang tidak mengubrisnya. Apa yang menyenangkan baginya saat ini adalah apa yang harus dia kejar, tanpa memikirkan apa yang akan di dapatkan dari Allah nantinya. Setiap perbuatan meskipun sangat kecil, tetapi sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita mekipun belaum nampak sekarang namun di akhirat amal itulah yang akan membantu kita.

Namun jika kita melakukan perbuatan buruk yang di benci Allah, maka dosa yang di dapatkan hanya kita sendiri yang akan mempertanggung jawabkan nantinya. Sebagai umat Nabi Muhammad, seharusnya kita bisa memahami hakikat kita hidup di dunia ini, bukan hanya berbuat sekehendak sendiri tanpa melihat bagaimana hasil yang di undur nanti. Kunci utama menghindari perilaku buruk hanya satu “mendekatkan diri kepada Allah, kapanpu, dimanapun, dan bagaimana pun keadaan kita”

Sebagai manusia hal ini cukup sulit di lakukan sebab manusia lebih mengingat Allah saat dirinya berada di bawah, sedangkan saat berada di atas dia seakan-akan lupa dan tidak menghiraukan Allah yang telah memberinya dia semuanya. Jika tiba-tiba Allah ambil dengan segera apa yang telah terkumpulkan atau malah menambah semua keinginan dengan sejadi-jadinya, hal semacam ini bisa menjadi suati teguran, juga bisa menjadi suatu hadiah dari Allah atau bisa menjadi hukuman terbesar dari Allah besok di akhirat.

 

10 Perbuatan Buruk Yang Di Benci Allah Ini Harus Di Hindari

Menghindari perbuatan buruk bisa menjadi kunci amalan kita di dunia, sejatinya jika kita belum mampu berbuat baik setidaknya kita tidak melakukan perbuatan yang dibenci Allah. 10 perbuatan buruk yang di benci Allah yaitu :

  1. Syirik atau mempersekutukan Allah, Allah melaknat orang yag melakukan syirik dengan ganjaran dosa yang besar.
  2. Membangkang dan tidak ada rasa hormat kepada orangtua.
  3. Tidak menunaikan hak dan Memakan hak orang miskin.
  4. Berperilaku kikir dan pelit kepada orang lain, baik dalam harta benda, makanan, baahkn juga senyuman.
  5. Membunuh anak dengan sengaja.
  6. Melakukan zina tnpa mengenal dosa.
  7. Membunuh orang lain yang di anggap mengganggunya.
  8. Memakan harta anak yatim dengan sadar dan di sengaja.
  9. Melakukan taqlid, yaitu mengikuti syariah tanpa adanya sumber naqli yang terpercaya dan jelas.
  10. Berperilaku sombong, sehingga muncul sikap merendahkan dan semena-mena kepada orang lain.

Perbuatan buruk yang di benci Alah di atas harus kita hindari, meskipun kita harus berjuang melawan hana nafsu dalam diri kita sendiri.